Mohon Maaf Atas Ketidak Nyamanan Anda Dalam Mengakses Sebagian Link, Karena Masih Dalam Perbaikan
Home » » ANTARA PERCAYA DAN TAK PECAYA

ANTARA PERCAYA DAN TAK PECAYA

Written By andalas journal of history on Senin, 19 Maret 2012 | 12.15


           Di Nagari Guguk Malalo, tepatnya di Jorong Baing ada terdapat sebuah batu yang dianggap  keramat oleh masyarakat. Batu itu namanya adalah “batu saok”. Dinamakan batu saok karena batu itu memilik tutup diatasnya.
Menurut cerita yang beredar di masyarakat batu saok ini tidak boleh di buka. Karena kalau di buka akan terjadi bencana. konon kabarnya dulu batu saok ini pernah di buka oleh orang. Setelah batu ini dibuka banyak berjangkit penyakit dimasyarakat serta terjadi angin kencang. Sehingga di perlukan sebuah ritual untuk menutup kembali batu itu. Ritualnya dengan menyeblih seekor kabing sebagai tumbalnya. Didalam batu itu terdapat jenis-jenis binatang yang yang serba putih  seperti; lipan putih , kalajengkih putih, dan ular putih.Semenjak saat itu tidak ada lagi yang berani membuka tutup batu itu.
            Untuk saat sekarang banyak masyarakat yang bingung antara percaya dan tak percaya tentang cerita dan kekeramatan batu saok ini. Yang masih percaya terhadap cerita ini pada umumya adalah orang-orang tua, akan tetapi setelah ditanyakan  pada generasi muda, mereka beranggapan batu saok yang dianggap keramat oleh masyarakat itu hanyalah mitos. Akan tetapi walaupun ada orang yang tidak percaya, tapi pada kenyataannya sampai sekarang tidak ada orang yang berani untuk membuka tutup batu saok.(Decky)
Share this article :

Posting Komentar