Mohon Maaf Atas Ketidak Nyamanan Anda Dalam Mengakses Sebagian Link, Karena Masih Dalam Perbaikan
Home » » ‘MAPASTRA’ Meriahkan Lustrum VI fakultas Ilmu Budaya

‘MAPASTRA’ Meriahkan Lustrum VI fakultas Ilmu Budaya

Written By andalas journal of history on Senin, 12 Maret 2012 | 03.04

Ilustrasi Donor Darah


Rabu, 7 maret 2012 adalah hari ulang tahunnya Fakultas Ilmu Budaya, pada kesempatan lustrum VI ini Fakultas Ilmu Budaya mengadakan banyak acara yang dimulai dengan pembukaan pada jam 08.00 Wib oleh tari-tari daerah, diacara ini semuanya ikut andil untuk memeriahkan Lustrum VI ini, mulai dari  HIMA masing-masing prodi yang ada di Fakultas dan UKM-UKM Fakultas Ilmu Budaya, semuanya diberi kesempatan untuk membuat acara semeriah mungkin untuk Lustrum VI ini, dan pada kesempatan kali juga ‘MAPASTRA’ ikut andil dalam memeriahkan lustrum tersebut, Inilah serangkaian acara yang ditunjukkan ‘MAPASTRA’ untuk memeriahkan lustrum VI kali
Nonton bareng
Nonton bareng ini bukanlah hal yang pertama kalinya dilakukan oleh ‘MAPASTRA’ tetapi ini sudah merupakan nonton bareng yang ketiga pada tahun ini, saat ini nonton bareng adalah acara rutin bulanan ‘MAPASTRA’, kami sengaja memilih tanggal 7 Maret 2012 karena hal itu bertepatan dengan ulang tahunnya Fakultas Ilmu Budaya, kami menyajikan film “Trial Of The Panda”. Sebuah film yang bertajukan pemeliharaan terhadap hewan – hewan langka menuju kepunahan, film ini mengajarkan kepada kita bagaimana seorang anak kecil menyelamatkan panda dari orang-orang yang ingin mengeksploitasi nya hanya karena keperluan penelitiannya, tanpa memikirkan dampak di balik itu semua. Hewan langka bukanlah untuk dipunahkan.
Acara nonton bareng ini tidak hanya dimeriahkan oleh anggota-angota ‘MAPASTRA’ semata, tapi kami juga mengundang teman-teman dari HIMA masing-masing prodi Fakultas Ilmu Budaya, UKM-UKM Fakultas Ilmu Budaya dan FORKOMPA-FORKAMPA Universitas Andalas.
‘MAPASTRA’ tidak hanya mengadakan acara menonton bareng semata tetapi sehabis menonton adanya sesi diskusi yang dilakukan oleh semua penonton yang ada didalam ruangan flash, didalam diskusi ini adanya pembahasan dan beberapa pendapat dari teman-teman tentang kelangsungan hidup habitat hewan liar yang keberadaannya hampir dipuncak kepunahan, kepunahan satwa tersebut berhubungannya dengan adanya pembukaan lahan-lahan baru untuk tempat-tempat industri, perumahan dan juga pembangunan lainnya, dimana itu semua menyebabkan satwa tersebut kehilangan habitatnya, dan itu semua tentunya akan mempengaruhi kelangsungan hidupnya yang akan datang.
Hutan diindonesia semakin berkurang sehingga hewan-hewan keluar dari habitatnya dan akan masuk kedaerah pemukiman, jadi harus dilakukan berbagai upaya pelestarian lingkungan itu sendiri, dan harus adanya pembuatan cagar alam untuk hewan-hewan yang terancam punah .
Adanya sedikit informasi yang didapatkan dari salah seorang tamu nonton bareng tentang adanya pembukaan jalan lintas Sumatera, hal itu tentunya akan mengakibatkan adanya pembukaan hutan, pengurangan tempat atau habitat hewan-hewan, adanya illegal loging yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri yang menyebabkan hilangnya pohon-pohon lindung, dari peristiwa itu semua akan adanya ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia dengan upaya pelestariaan terhadap lingkungan ini.
Dari film Trial Of The Panda ini kita semua bisa bercermin bagaimana kita selama ini, apakah kita sudah berusaha menjaga dan melindungi hewan-hewan dari kepunahan, dan menjaga lingkungan kita ini tetap nyaman untuk kita tempati sampai anak cucu kita nanti kelaknya.
Bazar
Mapastra juga membuka bazar yang diadakan sejak tanggal 7 maret – 28 maret 2012, barang-barang yang kami sediakan diambil dari RENATA, barang barang tersebut diantaranya: ada perlengkapan untuk mendaki seperti ransel/carrier, tramontina, celana training, celana lapangan, topi lapangan, baju kaos dan baju kemeja, ikat pinggang,sandal  dan lain-lainnya. Bazaar ini kami adakan gunanya memudahkan mahasiswa-mahasiswa ataupun dari pihak dosen memperoleh barang-barang yang mereka inginkan, karena barang tersebut bisa dipesan sesuai keinginannya dan kami akan menyediakannya.
Donor darah
Donor darah ini memang belum terlaksana, mapastra akan mengadakan acara donor darah ini pada hari Rabu, 14 Maret 2012. Untuk mendukung terlaksananya acara ini mapastra meminta kerjasama dari pihak PMI untuk membantu proses donor darah tersebut. Hal ini dilakukan untuk membantu sesama manusia yang membutuhkan pertolongan dan bantuan darah dari teman-teman yang lainnya. Karena setetes darah itu sangat berarti bagi semua orang, apalagi bagi orang-orang yang benar-benar membutuhka.(nela)



Share this article :

Posting Komentar